0





Seorang peneliti biologi kelautan di California dapat tugas sulit memutuskan nama untuk merangkumkan kelucuan dari gurita yang belum diklasifikasikan, yang punya mata mirip mata anak anjing yang memelas.
Hewan yang punya sirip seperti sayap kecil di kepalanya, telah mengumpulkan begitu banyak penghargaan karena ‘adorable’(=manis sekali, imut), kata sifat yang mungkin menjadi nama ilmiah resminya.


 Stephanie Bush, seorang peneliti postdoctoral di Monterey Bay Aquarium Research Institute, mengatakan bahwa dia sedang mempertimbangkan nama ilmiah Opisthotheusis Adorabilis untuk spesies saat ini hanya dikenal sebagai flapjack octopus (=gurita pancake).


Dia mengatakan kepada Science, Jumat lalu bahwa dia sedang mencari nama untuk gurita, yang hidup di laut dalam pada kedalaman hingga 1,476ft (450m), untuk membantu membedakannya dari spesies lain dari Cephalopoda.
Masih penasaran ingin melihat si “Adorablis” ini? tonton videonya…

Moluska yang belum punya nama itu punya tubuh seperti agar-agar dengan diameter sekitar  7 inci (18cm) yang menyebar luas untuk ‘mengembang seperti parasut’ dalam air di keremangan cahaya.
Kedelapan kaki dihubungkan oleh jaringan besar yang menyerupai payung.
Gurita ini punya kesamaan dengan ‘gurita dumbo’ dan makhluk lain yang sejenis yang mengilhami Pearl karakter Octopus merah muda di Finding Nemo.


Beberapa gurita, yang ditemukan di Monterey Bay, ditangkap dan dibiarkan hidup di akuarium lokal.
Ilmuwan Aquarium menciptakan lingkungan yang serupa dengan yang ditemukan ratusan meter di bawah laut, dengan menggunakan lampu merah yang cepat menghilang sehingga Adorabilis ini tidak bisa melihatnya.
Tangki ini juga diatur dengan suhu yang sangat dingin untuk meniru kondisi alami.
Salah satu hewan yang ditangkap tersebut merasa nyaman di tangkinya dan bertelur, yang sekarang sedang diinkubasi.
Para peneliti percaya bahwa telur butuh waktu tiga tahun sebelum menetaskan sekumpulan bayi-bayi Opisthotheusis Adorabilis.
Penemuan baru ini bergabung spesies lain dari ‘gurita pancake’ yang berbeda ukuran, bentuk dan tingkat keimutan. Termasuk Opisthoteuthis californiana, Opisthoteuthis albatrossi dan yang disebut Gurita Dumbo.




Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...