0





Sejak statusnya naik dari Siaga level II ke level III per Senin, 29 Juni 2015, Gunung Raung selalu dikelilingi personil Polres Bondowoso yang mengawal dengan kondisi siaga, terutama Polres dari tiga daerah prioritas yaitu Tlogosari, Sukosari, dan Sumber Wringin. Malam Sabtu, 4 Juli 2015, gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini kembali meletus.


Abu vulkanik yang menyembur akibat letusan tersebut kali ini mencapai ketinggian yang lebih dari sebelumnya. Abu vulkanik yang mencapai ketinggian 400 meter itu pun ternyata lebih tebal dari biasanya. Untungnya, lava gunung tidak meluber sampai ke lereng gunung dan langsung membahayakan penduduk. Meski demikian, kondisi Gunung Raung perlu tetap diwaspadai, mengingat ancaman lain bisa terjadi sewaktu-waktu karena aktivitas yang masih terus meningkat.

Untungnya lagi, jalur evakuasi sudah disiapkan terlebih dahulu dan armada sudah siap membantu para penduduk setempat yang harus diungsikan. Berkaitan dengan erupsi kali ini, lima dusun terdekat dinilai menghadapi potensi ancaman sehingga Satgas Bencana Gunung Raung sudah melakukan sosialisasi ancaman erupsi terkait pada warga. Pihak BPBD Jawa Timur juga telah mendistribusikan 120.000 lembar masker untuk tiga kabupaten terdekat, dan memperluas area pantauan ke Desa Gunung Malang dan Kecamatan Sumber Jambe.


Lima dusun terdekat yang siap dievakuasi antara lain Dusun Sipanas, Legan, Tol-tol, Bata, dan Bata Timur dengan jumlah total penduduk sekitar 6.000 orang. “Saat ini, evakuasi sudah siap dilakukan kapan saja dibutuhkan,” ujar Komandan Satgas Bencana Gunung Raung, Letkol Sudrajat. Adapun jarak kelima dusun tersebut dari Gunung Raung diperkirakan sekitar tujuh kilometer. Selain erupsi abu vulkanik, gempa tremor dengan amplitudo 4-32 meter juga terjadi terus-menerus dengan dominan 28 milimeter.

Akibat erupsi yang terbilang cukup tinggi dan tebal itu, pihak maskapai penerbangan Australia sudah membatalkan penerbangan dari dan menuju Bali. Pembatalan tersebut dilakukan oleh dua maskapai Australia, antara lain Jetstar Airlines dan Virgin Australia Airlines. Tindakan itu menyusul red alert yang disampaikan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin, Australia terkait ancaman abu vulkanik Gunung Raung.






Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...