0





The Wildlife Rehabilitation Center di Wisconsin Humane Society baru-baru ini menerima Gertie, kura-kura yang ditemukan di sisi jalan setelah ia ditabrak mobil. Cangkang kura-kura ini sebagian hancur, sehingga Scott Diehl, direktur pusat, menggunakan lem epoxy dan zip tie untuk menyatukan kembali cangkang kura-kura malang ini hingga hewan ini bisa disembuhkan.
Gertie akan mati dalam hitungan hari jika tidak ditolong, demikian menurut Scott Diehl, presiden dari pusat rehabilitasi ini. Jadi setelah potongan cangkang yang masuk ke dalam tubuhnya dikeluarkan, lukanya dibersihkan diobati, sang dokter kemudian memperbaiki cangkang Gertie, dengan cara yang tak biasa.


“zip tie” yang banyak digunakan sebagai pengikat serbaguna


Karena tak mungkin melubangi cangkang Gertie untuk memasangkan plat untuk menyatukan kembali cangkang yang pecah, sebagai mana biasanya dokter mengobati tulang patah pada manusia. Tapi, sebenarnya melubangi cangkang kura-kura dan mengikatnya dengan kabel, dengan pembiusan tentunya, adalah pengobatan standar oleh dokter hewan yang lebih dikenal dengan istilah veterinary atau vet.


Balik ke kasus Gertie, sang dokter menggunakan pendekatan lain. Lem epoxy digunakan untuk merekatkan panel plastik pada cangkang kura-kura, lalu “zip tie” dipasangkan untuk merapatkan bagian-bagian cangkang yang pecah tersebut. diharapkan pecahan cangkang yang sudah dirapatkan itu akan merekat kembali, sama seperti konsep peyembuhan patah tulang pada manusia.

Sejauh ini, penyembuhan Gertie berjalan cukup baik, Gertie juga diberi pereda rasa sakit untuk membuatnya nyaman selama masa penyembuhan. Katanya setelah cangkang Gertie mulai menyatu, ikatan dengan “zip tie” tersebut akan dilonggarkan sedikit demi sedikit, dan Gertie juga akan di biasakan untuk hidup di alam terbuka lagi, hingga bisa dikembalikan ke alam bebas setelah sembuh nanti, rencananya bulan Agustus nanti.

Semoga Gertie cepat sembuh, ya! Yuk di share…







Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...