0





Dulu, CEO (Chief Executive Officer=Direktur Utama) yang berpenghasilan jutaan dollar AS berasal dari bidang industri minyak, baja, mobil atau jalan raya.
Tetapi sekarang, bidang tersebut sudah dilampaui oleh industri teknologi.

Berikut adalah 10 orang CEO dari industri teknologi dengan gaji tertinggi:

#10 – John Chambers (Cisco Systems, $21 juta/tahun)
John Chambers adalah lulusan West Virginia University dan Indiana University, dan kuliah di Duke University. Mulai karirnya sebagai sales teknis di IBM ketika perusahaan ini masih sangat muda. Sukses dari IBM, Chambers pindah ke Wang Laboratories, dan karirnya menanjak cepat di sini, hingga akhirnya menjadi wakil presiden direktur operasional. Di Wang Laboratory hampir 1 dekade, Chambers pindah ke Cisco yang baru go public. Karena sukses dengan salah satu proyek startups Cisco yang melibatkan IBM, akhirnya Chambers menjadi CEO. Selama jadi CEO di Cisco, Chambers meningkatkan pendapatan dari $70 juta dolar menjadi $46 milyar dolar. Gajinya pun naik hingga mencapai $21 juta dolar per tahun.


]#9 – Marissa Mayer (Yahoo!, $24,9 juta/tahun)
Marissa Mayer belum berumur 40 dan sudah menjadi Presdir dan CEO-nya Yahoo! sejak musim panas 2012. Sebelum bergabung dengan perusahaan dibidang internet ini, dia punya karir dibidang yang berbeda. Mulanya dia kuliah di Stanford University bidang bedah syaraf, tetapi lalu pindah bidang ke sistim simbolik dan sudah mengajar sewaktu kuliah. Lulus kuliah Marissa banyak dicari oleh korporasi terkemuka. Dia di pekerjakan oleh Google tahun 1999 sebagai insinyur dan dipromosikan beberapa kali sepanjang masa kerjanya di sana. Yahoo! Butuh CEO baru tahun 2012 dan bermaksud membajak dari Google, search engine yang mendominasi pasar. Dan Marissa tepat untuk untuk jabatan ini.Walaupun bukan yang tertinggi di Yahoo!, Mayer meraup hampir $25 juta dolar pertahun di Yahoo!


 #8 – Paul Ricci (Nuance Communications, $29,2 Juta/tahun)
Paul Ricci menjabat sebagai pimpinan Nuance Communications sejak musim panas 2000, setelah beberapa kali melompat di beberapa perusahaan tahun 1990an. Ricci menjabat sebagai wakil Presdir dari divisi pengembangan di Xerox dan beberapa jabatan lain di perusahaan ini. Sepetti Mayer, Ricci juga kuliah di Stanford University tapi deengan gelar dibidang ekonomi, yang menunjukkan bahwa kamu gak harus menjadi pakar teknis seumur hidup untuk secara sukses menjalankan perusahaan di bidang teknologi. Nuance Communications berlokasi di Boston, Massachusetts dan terutama terfokus pada speech recognition dan jasa perteleponan. Karena speech recognition makin sering dibutuhkan (Nuance mengembangkan Sirinya Linux), perusahaan ini makin berkembang sejak 1992. Nuance saat ini adalah perusahaan internasional yang mengakuisi(=mengambil alih) puluhan bisnis kecil yang makin memperkokoh statusnya sebagai pemimpin dibidangnya.


 #7 – John Legere (T-Mobile, $29,2 juta pertahun)
Aslinya John Legere ingin menjadi guru bidang jasmani, tapi berubah pikiran dan mendalami karir yang berbeda yang ternyata menghasilkan banyak uang buatnya, sampai jutaan dollar. Legere mulai karirnya di AT&T dan menghabiskan waktu 20 tahun, dan menjadi CEO di divisi Asia.
Legere juga menjabat sebagai eksekutif di Dell dan Global Crossing yang mengangkat posisinya ( sejak 2012) sebagai CEO dan Presdir dari T-Mobile. T-Mobile adalah provider handphone tanpa kontrak terkemuka di AS dan mengalami lonjakan pelanggan baru yang tak mau terikat pada kontrak dan layanan terencana. Usaha pemasaran T-Mobile berhasil, menghasilkan hampir $30 juta pertahun ke kantong Legere.


 #6 – Tony Aquila (Solera Holdings, $29,9 juta/tahun)
Tony Aquila adalah pendiri beberapa perusahaan piranti lunak(=software), tapi hanya ketika dia membangun Solera Holding tahun 2005 dia menjadi CEO dengan bayaran tertinggi di bidang teknologi. Aquila juga menjabat sebagai eksekutif di Ensera Inc., Mitchell International, MaxMeyer dan sekitar 413 perusaahn dalam industri ini. Solera Holding berbasis di Westlake, Texas dan sudah sukses besar dengan 2.000an staf.
Solera adalah penyedia software yang digunakan untuk memproses klaim mobil. Kalau pernah kena kecelakaan mobil dan perlu menghubungi perusahaan asuransi, sang penerima telepon di ujung sana seharusnya memakai produk Solera untuk memasukkan data klien. Walau kelihatan sangat sederhana, asuransi adalah pangsa pasar yang sangat besar, dan Solera mendapatkan milyaran dengan mengontrakkan jasanya.


 #5 – Marc Benioff (Salesforce, $31,3juta/tahun)
Marc Benioff masih di SMU ketika dia menjual software pertamanya yang mengajarkan bagaimana untuk juggle(lempar-tangkap objek, biasanya lebih dari satu secara bersamaan). Walau cuma dapat $75 dari aplikasi tersebut, tetapi cukup bagus untuk seorang remaja 15 tahun. Benioff membangun perusahaan software nya sendiri gak lama setelah itu, dan menjual games untuk Atari dan komputer pribadi. Dia menggunakan royaltinya untulk membayar uang kuliah di University of Southern California.
Usai kuliah tahun 1999, Benioff memulai Salesforce.com dari San Fracisco, yaitu situs yang berspesialisasi dipenyimpanan cloud. Perusahaan yang butuh berbagi informasi dan files dengan pegawainya jadi mudah melakukannya dengan Salesforce. Sebagai hasil dari kepraktisan dan kegunaan dari program tersebut, pendapatan memuncak hingga $4 milyar dolar pada tahun-tahun terakhir. Benioff disebut sebagai orang paling cerdas pada industry teknologi, dengan gaji sebesar $31 jutaan pertahun.


 #4 – Stephen Kaufer (TripAdvisor, $39 juta/tahun)
Stephen Kaufer masuk Harvard University dan lulus dari jurusan sains komputer, yang membuatnya sukses dengan cukup cepat. Awal 2000an, Kaufer membantu membangun website TripAdvisor, yang menyediakan review tentang hampir semua lokasi di seluruh dunia. TripAdvisor mendapat review dari orang-orang yang telah mengunjungi lokasi tersebut. Walaupun review semacam itu bukan rencana awal situs ini, yang seharusnya berisi konten dari buku panduan resmi dan majalah. Saat ini, TripAdvisor adalah salah satu situs yang orang kunjungi ketika merencanakan liburan, dank arena popularitasnya yang sangat luas, keuntungan bersihnya hampir $1 milyar dolar pertahun. Dengan lebih dari seperempat milyar kunjungan unik tiap tahun, cukup banyak uang iklan diterima, hampir $40 juta dolar keuntungan masuk ke rekening bank Kaufer.


#3 – Jeff Weiner (LinkedIn, $49,1 juta/tahun)
Jeff Weiner lulusan University of Pennsylvania. Setelah berapa tahun bekerja di berbagai perusahaan technology, Yahoo! Mempekerjakan Weiner mengisi posisi eksekutif, dimana dia memanage berapa ribu pekerja. Warner juga sempat bekerja untuk Warner Bros, sebelum akhirnya didaulat menjadi President sementaranya website LinkedIn.com.
LinkedIn adalah jaringan social untuk para profesional yang sudah ada sejak 2003, tetapi Weiner belum bergabung hingga tahun 2008. Jadi LinkedIn digunakan sebagai jaringan diantara para profesional, yang juga berfungsi sebagai “pusat pencarian kerja” buat yang ingin mencari karir berbeda dari bidang mereka. Kini, LinkedIn adalah satu dari 20 websites yang paling sering dikunjungi di AS, dan pendapatan iklan sekitar $1.5 milyar dolar. Sejak itu status sementara Weiner sudah dibuang, membuatnya menjadi CEO resmi LinkedIn.


 #2 – Don Mattrick (Zynga, $57,8 juta/tahun)
Don Mattrick sudah terlibat dalam games untuk waktu yang sangat lama. Pada usia 17 tahun, Mattrick membangun sebuah perusahaan games “Test Drive” untuk komputer Apple, yang kemudian dibeli oleh Electronic Arts. Mattrick dipekerjakan sebagai eksekutif sampai dia keluar tahun 2004. Dari sana, Mattrick dipekerjakan oleh Microsoft untuk mengawasi departemen Xbox dan games PC, yang kemudian perusahaan ini pemain games yang terdaftar meningklat 7 kali lipat dari sebelumnya.
Mattrick lah yang betanggung jawab atas beberapa usaha Xbox, termasuk mempertunjukkan Xbox One yang baru ke pemakai dan reporter. Terlepas dari kritik tentang spesifikasi dari konsol games baru tersebut, Microsoft tidak mengalami kerugian. Zynga, perusahaan yang membuat Farmville, sedang menurun dan butuh percikan baru, jadi mereka mempekerjakan Mttrick sebagai CEO baru. Nilai saham mereka segera meningkat, dank arena bantuannya untuk membalikkan keadaan, Mattrick dibayar $57.8 juta dolar pertahun.


 #1 – Larry Ellison (Oracle, $78,4 juta/tahun)
Larry Ellison adalah CEO dengan bayaran tertinggi dalam daftar kita, dan orang kaya ke-3 di AS dengan kekayaan sekitar $56 milyar dollar. Gaji pertahun Ellison sebesar $78.4 juta dolar, tentu saja ada hubungannya dengan ini. Ellison adalah CEO Oracle tahun 1977 sampai 2014 dan sejak itu sudah menjadi kepala eksekutif dan CTO(Chief ot Technical Officer) sejak dulu. Ellison memulai perusahaan dengan investasi sebesar $2.000 diakhir tahun 1970an dan berhasil mendapatkan banyak sekali kerjasama dengna IBM awal 1980an.
Sejak itu, Oracle menjadi perusahaan raksasa dengan harga sekitar $40 milyar dolar. Sebagai pendiri, Ellison punya hak untuk mengambil bagian cukup besar. Jumlah uang yang dihasilkan oleh Ellison cukup luar biasa, mengingat dia tak pernah lulus kuliah. Tapi eh, kebanyakan orang sukses juga drop out dari kuliah, kan?


Makanya jangan anggap sepele cewek/cowok geek di lingkunganmu ya. Walaupun penampilannya terkesan culun dan kuper, tapi mungkin saja dia tuh calon milyarder masa depan! Yuk di share artikel ini untuk menginspirasi para geek di luar sana..



Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...