0




Pada era sekarang, orang – orang memiliki kualitas tidur yang tidak baik, mungkin saja diakibatkan oleh pekerjaan ataupun faktor lainnya. Dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan ini akan membuat kondisi tubuh kita melemah. 17 kondisi di bawah ini adalah efek dari bergadang, dan tidak dipungkiri, beberapa dari point di bawah ini benar – benar menakutkan!


1. Emosian : jikalau seseorang sedang fokus pada pekerjaan dia dan tiba – tiba saja dia diganggu, maka dia akan marah; begitu juga dengan kalau tidak cukup tidur, emosi negative ini akan keluar juga.
2. Sakit Kepala: Sains sampai sekarang tidak tahu apa sebab yang membuat seseorang sakit kepala ketika kurang tidur.  36 – 58% orang yang kurang tidur akan mengalami kondisi sakit kepala.
3. Minat Belajar Melemah : Memori jangka pendek adalah kunci yang menentukkan efektivitas pembelajaran seseorang. Kalau orang tersebut kurang tidur, maka memori jangka pendeknya akan melemah, dan akan mempengaruhi hasil pembelajarannya.
4. Berat Badan Bertambah : Orang yang kurang tidur, nafsu makannya akan tidak seimbang, dan keinginan untuk makan makanan yang berkalori tinggi akan meningkat. Diwaktu yang sama, keinginan untuk bergerak juga akan berkurang, dan karena faktor – faktor inilah yang membuat berat badan seseorang bertambah.


5. Penglihatan Memburuk : Kurang tidur, akan membuat kita mudah berhalusinasi.
6. Penyakit Hati : Berdasarkan penelitian, dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari 8 jam, orang yang setiap hari tidur 4 jam memiliki tekanan darah yang sangat tinggi, dan karena inilah, orang tersebut rentan kena penyakit hati.
7. Lambat Dalam Merespon :  kurang tidur, juga dapat membuat kamu tidak peka dengan dunia luar.
8. Mudah Diserang Penyakit : Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama, dapat membuat kekebalan tubuh kita melemah, dan mudah sakit.


9. Tidak Fokus : Kalau seseorang kurang tidur, dia akan sulit untuk fokus, dan suka melamun.
10.  Gagap : Berdasarkan penelitian, kalau tidak tidur selama 36 jam, orang tersebut mudah mengulangi kata yang sama, menjadi lambat, dan gagap.
11. Flu : Kalau kamu sering flu, mungkin saja karena anda kurang tidur. Berdasarkan penelitian, selama 2 minggu tidur hanya 7 jam, orang tersebut lebih rentan flu 3 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidur 8 jam.


12. Kemungkinan Kecelakaan Tinggi : Faktanya, orang yang kurang tidur ketika mengemudi sama berbahayanya dengan orang yang mabuk mengemudi, tetapi hal ini sering saja tidak diperdulikan.
13. Daya Tahan Sakit Menurun : sudah ada penelitian diamana, orang yang kurang tidur, akan sensitive dengan rasa sakit, dan diwaktu yang sama juga daya menahan sakit akan menurun.
14. Sering Melakukan Kesalahan : Kurang tidur, membuat kita tidak fokus, dan pekerjaan kita akan terganggu juga.
15. Mudah Lupa : Tidur semakin sedikit, akan membuat seseorang mudah lupa, kemungkinan orang tersebut pikun diusia lanjut pun semakin tinggi.
16. Merasa Tertekan : Kualitas tidur yang baik, akan menentukan mood seseorang menjadi lebih positif; sebaliknya, kualitas tidur yang buruk, membuat mood dan emosi seseorang tidak stabil.


 17. Resiko Kematian Meningkat : Orang yang kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang, resiko kematian meningkat secara signifikan.



Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...