0




Banyak orang setelah membeli hp baru, baterainya akan rusak setelah dipakai beberapa bulan. Tentang cara charging yang benar, semua orang mempunyai sudut pandang masing – masing. Namun bagaimana charging yang benar, dan aman, dan dapat mengawetkan baterai kita?


6 konsep yang salah tentang charging, perhatikan!

1. Baterai Baru Di Charging Selama 12 Jam?
Pertama kali charging tidak perlu sampai 12 jam, cara ini hanya berfungsi pada baterai versi lama. Baterai pada smartphone dan laptop adalah baterai lithium, cukup di charging dengan cara biasa sudah bisa membuat baterainya tahan lama.

2. Jarang Charging Dapat Membuat Baterai Awet?
Baterai Lithium tidak memiliki memori, bisa di charging setiap saat. Jika demi memperpanjang usia baterai kita dan sengaja memperdikit siklus charging kita dengan charging setelah baterainya habis, ini tidak memiliki fungsi memperawet baterainya, malahan akan memberikan efek negative terhadap baterai. Sebenarnya, baterai lithium hanya perlu "makin dikit tapi sering makan" Sering charging lebih dapat mempanjang usia baterai kita.

3. Charging Sambil Menelepon, Baterai Bisa Meledak?
Baterai lithium biasanya memiliki sirkuit yang aman, dan akan langsung putus secara otomatis jika terjadi siklus pendek. Oleh karena itu, jika bukan karena bahannya yang bermasalah, baterai tidak akan bisa meledak saat menelepon sambil charging.
Tapi lebih aman, kalau kita tidak melakukan sesuatu ketika lagi charging, dan jangan letakkan di atas kasur, untuk menghindari kebakaran. Usahakan jangan menerima telepon ketika charging, karena radiasi yang dikeluarkan sangatlah besar.

4. Baterai Habis Baru Charging Lagi?
Gunakan baterai sampai habis, lebih bagus kalau sampai hp nya mati, cara ini sudah ketinggalan zaman. Baterai lithium di hp kita sekarang, akan lebih mudah rusak kalau baterai kita sering dalam keadaan lowbat, karena itu, charging setelah baterai habis, hanya akan menambah kerusakkannya. Tetap pada 40% ~ 60% dapat memperawet baterai kita.

5. Charging Semalaman Membuat Baterai Rusak?
Ketika hp selesai charging dan tidak dicabut, maka di waktu ini hp biasanya langsung akan memberikan listrik melalui power supplynya, dengan begini siklus charging akan berkurang dan membantu memperawet baterai kita. Tapi kalau kamu main game sambil charging, mungkin akan membuat listrik yang dialirkan terlalu banyak dan membuat hp kamu panas, inilah yang membuat baterai rusak. Oleh karena itu, asalkan tidak panas, hp kamu di charging seharian tidak masalah.

6. Hp tidak perlu restart atau turn off.
Hp apakah perlu di turn off seperti komputer? Apple menyarankan setiap minggu untuk turn-off sekali, agar baterai kita tahan lama.



Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...