0





Para Liverpudlian di seluruh dunia pasti sedang berbunga-bunga hatinya. Pasalnya Liverpoool telah mengumumkan secara resmi kedatangan bintang barunya, Roberto Firmino ke Anfield. Pemain Brazil ini didatangkan dari Hoffenheim (klub Bundesliga) dengan biaya transfer mencapai 29 juta euro atau setara dengan 400 milyar rupiah.

Sebelumnya tidak banyak yang mengenal pemain kelahiran 23 tahun ini, bagaimana sepak terjangnya sampai dia bisa bermain di klub Liverpool. Berikut adalah beberapa fakta mengenai Roberto Firmino yang akan membuat rekan-rekan Hellopeter lebih mengenal bintang baru Liverpool ini.

1. Berasal dari Pinggiran Brazil


Roberto Firmino lahir di Maceio, sebuah kota di pinggiran Brazil yang sekaligus kota kelahiran dari Mario Zagallo, legenda Brazil yang membawa negaranya juara dunia sebanyak 3 kali sebagai pemain dan sekali sebagai manajer tersebut.

2. Masa kecilnya

Firmino kecil mendukung klub Corintihias dan mengidolakan Ronaldhindo, pemain terbaik dunia dan legenda hidup Brazil. Dia memulai karier sepak bola profesionalnya dengan klub Figuerense pada umur 17 tahun dan berperan penting dalam membantu timnya promosi dari seri B ke liga utama Brazil.

 3. Pernah Jadi Gelandang Bertahan

Pada awal petualangan sepakbolanya, ternyata Roberto Firmino berperan sebagai gelandang bertahan. Yang pada akhirnya menemukan jatidirinya menjadi playmaker setelah bergabung dengan Figueirense.

4. Bagus di beberapa posisi


Sejatinya Firmino bukan lah seorang striker murni, tapi dia mempunyai kemampuan menyerang yang baik. Posisi favoritnya adalah sebagai false nine yang bertugas mengobrak abrik pertahanan lawan dan menciptakan peluang ke rekan di depannya. Sebagai bukti naluri menyerangnya yang kuat, Firmino tercatat  berperan pada 45 gol yang tercipta dalam 66 kesempatan emasi di Bundesliga. Pada musim ini dia pun berhasil mencetak 7 gol dan 10 asist.

5. Bersinar di Jerman


Karena permainan apiknya di Brazil akhirnya, pada Desember 2010 Firmino berkesempatan menjajal panggung sepakbola Eropa. Adalah Hoffenheim, klub Bundesliga yang berhasil mendapatkan jasanya. Pada musim keempatnya di Jerman, dia dianugerahi penghargaan Pemain Pendatang Baru Terbaik di Jerman setelah mencetak 16 gol pada 33 penampilan.

Selama dua musim terakhir Firmino berhasil mencetak 21 asist, jumlah terbanyak daripada semua pemain Brazil pada liga-liga Eropa lainnya. Total dia mencatatkan 47 gol pada 151 kali penampilan di Bundesliga.

6. Debut Internasional dengan Timnas Brazil


Debut internasionalnya dicatatkan pada 12 November 2014 melawan Turki. Dia membuat gol internasional pertamanya setelah enam hari kemudian melawan Austria. Tendangan pada jarak 25-yard nya menghantarkan Brazil meraih kemenangan penting melawan Autria dengan skor 2-1.
Dan seluruh perhatian dunia tertuju padanya ketika perhelatan Copa America yang masih bergulir ini. Penampilannya yang memukai pada pertandingan melawan Venezuela yang akhirnya dimenangkan oleh Brazil demgam skor 2-1. Pada laga itu Firmino mencetak satu gol spektakuler ketika ditempatkan pada posisi false nine oleh pelatih Dunga.

7. Pemain Yang Jarang Cedera


Dengan segala masalah cedera pemain yang dialami Liverpool musim lalu, terutama pada sang striker utama Daniel Sturidge, Roberto Firmino menghadirkan angin sejuk di Anfield. Dia merupakan pemain yang terbilang jarang mengalami cedera, tiga musim terakhir Firmino selalu mencatatkan 33 penampilan dari 34 jadwal pertandingan bersama Hoffenheim.

8. Datang dengan penuh ekspektasi


Nilai transfer yang mencapai 22 juta euro, membuatnya sebagai transfer termahal kedua yang pernah dilakukan Liverpool setelah Andy Carrol yang bernilai 35 juta euro. Dengan berbagai status yang diusungnya tak ayal publik Anfield sangat berharap kepada Roberto Firmino untuk mengembalikan kejayaan Liverpool.

Jadi sudah kenal dengan Roberto Firmino, pemain baru Liverpool ini saudara-saudara?

 

 

 

 





Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...