0





Kecelakaan nahas Hercules 130 di Medan banyak menimbulkan komentar tentang kurangnya alutsista yang dimiliki TNI untuk menjaga kedulatan Negara. Sebuah peswat walaupun dinyatakan layak terbang, namun jika usia sudah uzur tentu menyimpan potensi resiko yang besar. Negara tetangga jika melihat kondisi ini tentu sedikit meremahkan sistem pertahanan Indonesia. Namun demikian sejatinya, kita punya banyak alutsista misterius yang bisa menggetarkan negara tetangga jika mereka berniat memancing perkara. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini:

Jet Tempur Canggih


Menurut khabar dan anggapan awam, alutsista terbaru tersebut adalah Jet Tempur Sukhoi SU35. Pesawat canggih yang menjadi komponen utama alutsista pertahanan udara  dengan tempat duduk tunggal ini juga dilengkapi sistem avionik canggih dan memiliki kecepatan supersonik sekitar 1,5 mach yakni dua kali kecepatan suara dan dianggap mampu melampaui pesawat tempur siluman generasi kelima F-22 Raptor buatan Amerika Serikat

Sistem Pertahanan Udara (SAM)


Dassault Rafale, SAM S-300, TD2000 atau HQ-16, Pesawat peringatan Dini (AEW&C). Sistem pertahanan udara yang canggih membutuhkan alutsista yang modern dengan tenaga ahli di dalamnya. Beberapa alutsista pertahanan udara kita sudah memiliki sistem pencarian dan pelacakan inframerah termasuk sensor non elektromagnetik untuk pendeteksian jarak jauh. Serta peralatan jamming yang mampu menurunkan kemampuan radar pesawat musuh. Termasuk radar untuk mendeteksi sinyal dari belakang guna menembakkan peluru kendali SARH.
Tidak semua alutsista TNI dibuka untuk public, demi keamanan Negara. Program merahasiakan kekuatan strategis TNI tersebut disinyalir berhasil membuat gerah salah satu negara tetangga kita, sehingga berlomba membeli  mesin perang baru seperti pembelian kapal LHD, Destroyer, Pesawat tempur canggih dan sebagainya. Secara kasat radar, hal ini terindikasi sebagai upaya antisipatif negara tersebut terkait keberadaan alutsista canggih TNI yang sengaja sangat dirahasiakan keberadaannya. Apapun itu, kedaulatan negara terletak pada kecanggihan alutsista yang dimilikinya. Hal ini butuh anggaran pertahanan yang besar sehingga peran pemerintah dan DPR untuk peremajaan alutsista sangat dibutuhkan demi negara yang kuat dan aman dari ancaman dalam dan luar negeri.




Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...