0





Kemajuan teknologi jaman sekarang malah bikin kita keseret-seret. Biar dibilang gahul, kita online sampe larut malam atau malah ada yang sampe pagi. Hayo ngakuuu, kamu suka begadang cuma buat chatting or mention-mentionan di Twitter, atau baca-baca status orang di Facebook.
Eh, bagadang tuh gak baik, lho! Kamu bisa kena penyakit-penyakit di bawah ini.

1. Cepet lupa


Tahun 2009. peneliti dari Amerika dan Prancis ngebuktiin bahwa dengan waktu tidur yang cukup, otak menstimulasi reaksi yang dinamakan sharp wave ripple atau “riak gelombang tajam” yang berperan dalam proses penguatan memori. Riak tersebut mengirim informasi atau data yang disimpan bagian otak hippokampus ke neokorteks, di mana ingatan jangka panjang disimpan.
Jadi semakin kurang tidur kamu, semakin menurun kemampuan kamu mengingat.

2. Penyabab naik berat badan


Kurang tidur = berat badan naik
Metabolisme lemak bakalan keganggu pas tubuh kamu enggak dapet tidur cukup minimal 6 jam!

3. Menyebabkan diabetes


Begadang tuh ngerusah hormon dalam badan. Nah, kalo hormon rusak bikin produksi insulin menurun. Karena insulinnya kurang badan kita jadi rentan sama glukosa yang jadi sumber penyebab diabetes!

4. Melemahkan sistem imun

 

Dengan kamu begadang sampe larut malem, tubuh kamu bakalan ngancurin sel-sel darah putih (leukosit) yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh. Kalau leukositnya kurang, kamu bakalan gampang sakit!

5. Kena penyakit jantung dan stroke dini


Kalau udah kena gangguan tidur yang sudah sangat kronis (gara-gara kurang tidur secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama) itu salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan fungsi jantung (gagal jantung), tekanan darah tinggi, dan juga stroke!
IIiiiihhh ngeri!! Hayo, masih mau begadang? Kesehatan digadein cuma biar gahol? Kata Bang Roma juga begadang jangan begadaaang~ kalo tiada artin

 





Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...