0





Setiap makhluk hidup pasti punya ciri khasnya tersendiri, baik itu manusia, hewan, sampai tumbuhan. Otak adalah salah satu bagian yang paling sakral dalam organ tubuh makhluk hidup, apalagi manusia, sebagai pengatur segala tindakan semua organ tubuh kita. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada loh makhluk hidup yang tidak memiliki otak! Yap, dia adalah hewan ubur-ubur. Gimana caranya ya ubur-ubur bisa bertahan hidup?


Ubur-ubur adalah hewan berbentuk payung berumbai yang hidup di bawah laut. Berat tubuhnya sangat enteng karena 99% dari tubuhnya terdiri dari air. Hal yang paling terkenal dari spesies ubur-ubur adalah kekuatannya yang bisa menyengat, juga kemampuannya yang bisa bertahan hidup di bawah laut tanpa memiliki otak. Jangan pernah ngeremehin ubur-ubur ya, karena walaupun tak berotak, jenis ubur-ubur tertentu bisa loh menyengat kita sampai mati loh. Serem!

Walaupun ga punya otak, ubur-ubur mempunyai saraf reflek yang langsung bisa mengeluarkan sengatan. Jadi, bukan otak lah yang yang menyuruh tubuhnya untuk menyengat sesuatu, melainkan saraf reflek tersebut. Jadi, setiap kali ia menyentuh sesuatu, saraf reflek tersebut akan langsung mengeluarkan sengatannya.


Selain itu, karena ubur-ubur memiliki sirkulasi udara yang sangat mudah dan membrannya yang sempit, oksigen dari air bisa langsung masuk ke sel somatiknya. Jadi, dalam kasus ini, ubur-ubur juga tidak membutuhkan otak untuk bernapas. Bagitu juga dalam memangsa, ia hanya butuh menyengat mangsanya lalu memasukan ke dalam suatu lubang di tubuhnya (atau mulut), lalu sisanya akan dikeluarkan dari lubang yang sama.

Wah, ga nyangka ya ternyata otak itu bukan segalanya untuk bertahan hidup! Ya tapi untuk beberapa spesies tertentu aja ya, ga termasuk manusia. Kalo ada manusia yang hidup tanpa otak mah bener-bener nyiksa banget ya, pasti susah deh ngapa-ngapainnya. Tapi, bagi manusia, punya otak atau tidak bukanlah persoalannya, melainkan bagaimana kita mengasah otak kita agar bisa berguna bagi diri sendiri dan orang lain



Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...