0




Apakah Andatidak tahu bagaimana cara memilih sayur yang alami, sehat dan enak?
Mari simak tips berikut, mengajari And acara yang tepat dalam memilih sayur!
1.Kentang
Pilih yang bulat, tidak mengelupas kulitnya, makin bulat makin mudah dikupas. Kulit harus kering, jangan ada air melepuh, karena dapat memperpendek jangka simpan kentang ini, rasanya juga kurang enak.

Bila kentang sudah bertunas, berarti sudah beracun, jangan dimakan. Bila kulitnya menghijau, entah hijau muda atau tua, jangan dimakan. Karena berarti mengandung racun.

2.Terong
Umur terong berpengaruh terhadap kualitasnya. Cara cek umurnya adalah dengan melihat "ukuran" mata terong.


Dimanakah "mata" terong? Di antara leher dan kepala terong, di area lingkaran putih kehijauan, para petani menyebutnya "mata" terong (lihat gambar). Semakin besarnya matanya, semakin muda terong ini, juga sebaliknya bila makin kecil matanya berarti makin tua terong.

3.Cabe rawit


Makin runcing cabe rawit, daging buah makin tipis, makin pedas rasanya.

4.Timun


Jenis timun apapun, timun harus pilih yang halus, lebih baik pilih yang ada bunganya. Juga yang kaku keras. Karena kandungan air dalam timun mencapai 96.2%, timun yang segar pasti yang kaku keras, bila kandungan airnya berkurang, pasti melembek.
Tapi timun yang kaku keras juga belum tentu segar. Karena dengan merendam timun yang lembek dalam air pun bisa membuatnya jadi keras lagi, dengan menyerap air rendamannya.
Hanya timun yang kepalanya sedikit lembek, kulitnya halus bersih bersinar, kelopak bunganya masih menempel, adalah pilihan yang terbaik!

5.Tomat


Pilih dulu Anda mau makan mentah atau untuk dimasak. Bila untuk makan mentah, tentunya pilih yang warnanya merah muda, karena rasanya tidak terlalu kecut, sehingga dimakan mentah lebih enak; kalau untuk dimasak, belilah tomat merah besar, rasanya lebih kental, baik untuk dikuah atau digoreng, rasanya lebih mantap!

6.Lobak


Jenis lobak apapun, ia dikatakan bagus bila bagian akarnya bulat dan kulitnya mulus. Lalu harus lebih berat, berasa berat di tangan. Kemudian warna kulitnya normal. Bila terlihat ada titik-titik yang transparan, berarti tidak segar dan mungkin karena didinginkan terlalu lama hingga rusak, lobak jenis ini tidak baik untuk dimakan. Dan cara terakhir adalah jangan beli lobak yang terlalu besar, ambil yang ukuran medium. Lobak jenis ini dagingnya lebih kencang dan enak.

7.Seledri
Bila warna daunnya terlalu hijau, jangan dibeli. Karena itu berarti ia tumbuh dengan kondisi kekurangan air, tumbuhnya lambat, serat kasarnya banyak, rasanya lebih pahit.


Dan tingkat kesegaran seledri dilihat dari daunnya lurus atau tidak, bila segar berarti daunnya lurus. Seledri yang disimpan lebih lama, ujung daunnya akan miring, daunnya lembek, bahkan menguning.

8.Jahe
Sebelah kiri adalah jahe belerang asap yang lebih laris


Saat beli jahe, harus perhatikan apakah sudah "terbungkus" oleh belerang. Jahe yang sudah diasapi dengan belerang, luarnya akan sedikit menguning, tampak putih bersih, dan kulitnya sudah mengelupas seluruhnya.

9.Taoge

 
Bagaimana cara membedakan "taoge hasil kimia"? Saat memilih taoge, ambil sedikit dan cek apakah ada bau ammonia, dan adakah akar serabut, bila tidak ada akar serabut dan berbau ammonia, jangan dibeli dan dimakan.



Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...