0





Banyak orang yang rutin tidur setelah sahur, apalagi kalau di pagi harinya harus segera bekerja. Agar kondisi tetap bugar selama bekerja, tak jarang yang setelah sahur dan sholat subuh langsung tidur lagi. Namun ternyata, langsung tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan.
Menurut Praktisi Gizi Klinik dan Olahraga, Rita Ramayulis SCN, M.Kes mengungkapkan, makanan yang baru masuk ke dalam tubuh harus dicerna terlebih dahulu. Jika langsung tidur, sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan baik.


Menurutnya, kalau kita langsung tidur, oksigen akan berpindah ke lambung semua. Kalau di bawa tidur semakin tidak bisa lambung bekerja dengan cepat. Oksigen di otak pun juga jadi berkurang.
Akibatnya, saat bangun tidur perut terasa penuh, sakit perut, dan juga pusing. Selain itu, makanan yang belum dicerna bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan ketika dalam posisi tidur.
Rita menjelaskan, makanan seperti karbohidrat akan dicerna selama dua jam. Maka, setelah itu isi di lambung telah berkurang. Sementara itu, protein butuh waktu tiga jam dan lemak selama empat jam untuk bisa dicerna dalam tubuh. Saat itulah isi lambung sudah berkurang.
Namun, bagaimana jika tidur dilakukan dengan posisi duduk?
Menurut Rita, hal ini juga akan menghambat kerja lambung setelah makan. Saat tidur, semua organ tubuh pun beristirahat. Bahkan, menurut Rita, ketika seseorang sahur dalam porsi makan yang cukup banyak, sebaiknya tidak tidur lagi setelah sahur.
Wah wah.. jangan jadi kebiasaan ya! Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan dan komentari!





Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...