0




Hari ini, ada seorang siswi asal Taiwan yang datang bersekolah di Amerika diperlakukan tidak adil pada saat ia memesan makanan. Tidak seperti kebanyakan orang yang bertahan dalam keadaan seperti ini, ia memilih untuk meresponi, bahkan menyebarkan kisahnya di internet, mendorong kita untuk berani meresponi ketika kita ada dalam keadaan yang sama.


Siswi ini menulis dalam ceritanya, "Saya datang ke Amerika sudah 2 tahun. Selama ini saya merasa orang Amerika sangat ramah dan sopan. Saya juga tidak pernah mengalami diskriminasi ras. Mungkin juga karena saya tinggal di Los Angeles. Ceritanya berawal ketika saya dan teman saya memesan makanan di sebuah restoran fast food. Ketika kami mendapat makanan kami, kami mendapat makanan yang berbeda dengan yang kami pesan. Akhirnya kami dengan sopan kembali ke konter pemesanan dan memberitahukan hal ini. Tapi pria penjaga konter itu tidak mau bertanggung jawab dan malah mengatakan kalau teman saya yang salah mengatakan pesanannya. Tapi pada saat teman saya memesan, saya jelas-jelas ada di samping teman saya dan tahu dengan jelas kalau menu yang teman saya pesan tidak salah. Tidak lama kemudian suasana mulai memanas, pria penjaga konter tersebut suaranya makin lama makin keras, raut muka teman saya juga terlihat makin buruk. Pada saat ini saya pergi ke konter tersebut menjelaskan pada penjaga konter kalau teman saya benar. Saya juga meminta untuk dia menjaga sikapnya terhadap pelanggan. Setelah itu dia pun memperbaiki pesanannya sambil mengejek kami 'Orang Asia bodoh'.

Setelah siswi ini diejek, pada saat itu juga dengan suara yang cukup keras dia memarahi penjaga konter, "Apa yang barusan kamu katakan?!"Saat ini seluruh toko tiba-tiba diam dan keadaan menjadi tegang.

Di ceritanya dia lanjut menuliskan, "Pria penjaga konter ini kaget dan tiba-tiba tertegun berhenti bergerak. Mungkin dia tidak pernah menyangka kalau wanita Asia bisa membalas seperti itu. Akhirnya saya memanggil manajer toko itu untuk keluar. Sang manajer akhirnya memberikan kami banyak kupon diskon sambil menarik karyawannya meminta maaf pada kami. Kasus diskriminasi seperti ini di Amerika sebenarnya bisa menjadi sangat besar. Manajer toko tersebut juga takut kasus ini bisa bertambah besar sampai masuk berita. Akhirnya saya dan teman saya meinggalkan toko itu dengan membawa 2 kantong makanan dan dengan suara yang keras berteriak pada penjaga konter tersebut' 'Jangan kira semua orang Asia gampang disakiti! Kamu bahkan ga bisa bertanggung jawab dengan kata-katamu sendiri!'

Apakah kamu kagum dengan keberaniannya? Keberaniannya meresponi orang asing sungguh patut menjadi contoh yang baik. Jika suatu hari nanti kita menghadapi hal yang sama, kita harus menghadapinya dengan berani!




Sumber artikel : http://www.cerpen.co.id - http://hello-pet.com

Posting Komentar

Hai Pembaca, silahkan berikan komentar terbaik anda tentang postingan ini Terima kasih...